Router : Pengertian,Fungsi,Jenis-jenis



Pengertian

Router merupakan alat yang tidak lazim di dunia IT karena router alat yang familiar terutama bagi rumah yang memasang koneksi internet dirumahnya.Router adalah alat yang mengirim paket data melalui sebuah jaringan atau internet ketujuan.

Fungsi

Router digunakan untuk menghubungkan dan meneruskan data antara dua atau lebih jaringan. Tetapi, router lebih dikenal sebagai alat untuk menghubungkan jaringan dengan internet.

Jenis-jenis

Menurut fungsinya router memiliki banyak jenis. Secara umu router dibagi menjadi dua jenis yaitu :

1. Router statis

Router statis/static router merupakan router yang memiliki kabel routing statis yang disetting oleh administrasi jaringan secara manual.

2. Router dinamis

Router dinamis/dynamic router merupakan router yang memiliki dan membuat tabel routing yang lebih dinamis, dengan cara mendengarkan lalu lintas jaringan router lainnya atau dengan cara berhubungan dengan router lainnya.

Selain itu router dapat dibedakan menjadi tiga jenis yaitu :

1. Router Aplikasi

Router yang tidak memiliki bentuk fisik ini dapat diinstal pada sistem operasi komputer.  Dengan aplikasi ini dapat membuat komputer menjadi layaknya sebuah router. Aplikasi router dapat digunaakan yaitu WinGate,WinProxy,Winroue,Spygate,dan aplikasi lainya.

2. Router Hardware
 




Router yang berupa perangkat keras yang berfungsi untuk membagi IP addres dan dapat digunakan untuk membagi koneksi internet da suatu wilayah hotspot.

3. Router PC

Router yang mengubah fungsi komputer menjadi router, tetapi berbeda dengan router aplikasi. Hanya dengan komputer yang telah tersedia LAN card sudah bisa mengubah komputer menjadi router.







Tanggal :
28 Desember 2016

Referensi :
http://www.helenturvey.com/mengenal-router-routing-dan-jenis-serta-fungsinya/

Comments