Sekilas Tentang Jaringan Komputer


PENGERTIAN

Jaringan komputer adalah jaringan telekomunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk bertukar data.

LATAR BELAKANG


Memahami tentang jaringan komputer.

TUJUAN

Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat bertukar data sampai tujuan.

Berdasarkan geografisnya jaringan komputer terbagi menjadi jaringan wilayah lokal atau Local Area Network (LAN), wilayah metropolitan atau Metropolitan Area Network (MAN) dan jaringan wilayah luas atau Wide Area Network (WAN).

Local Area Network (LAN) merupakan jaringan milik pribadi didalam gedung atau tempat yang ukurannya beberapa 1-10 kilometer.

Metropolitan Area Network (MAN) merupakan perluasan jaringan LAN sehingga dapat mencakup satu kota yang cukup luas, yang terdiri atas puluhan gedung yang berjarak hingga 10-50 kilometer.

Wide Area Network (WAN) merupakan jaringan antarkota, antara propinsi, antar negara, dan antar benua.Jaraknya bisa mencakup seluruh dunia.

Berdasarkan fungsinya :

Klien-Server (Client-Server) pada dasarnya komputer klien untuk diberi layanan dan sebuah server untuk sebagai yang melayani. Apabila permintaan layanan sangat sibuk biasa menggunakan lebih dari satu komputer sebagai server sehingga, ada pembagian tugas yaitu file server,print server, database server dan lain-lain.

Berdasarkan distribusi sumber informatika/data :

1. Jaringan Terpusat

Jaringan terdiri dari komputer klien dan server yang sebagaimana komputer klien yang berfungsi sebagai perantara untuk mengakses sumber informasi/data yang berasal dari server.

2. Jaringan Terdistribusi

Merupakan perpaduan antara beberapa jaringan terpusat sehingga beberapa komputer server yang saling berhubungan dengan klien membentuk sistem jaringan.

Berdasarkan media transmisi data :

1. Jaringan berkabel (Wired Network)

Adalah untuk menghubungkan satu komputer ke komputer lain menggunakan kabel jaringan. Berfungsi dalam mengirim informasi dalam bentuk sinyal listrik antar komputer jaringan.

2. Jaringan nirkabel (Wi-Fi)

Merupakan jeringan yang menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai perantara. Sehingga mengirimkan informasi menggunakan sinyal.






Tanggal :
30 Desember 2016
Referensi :
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer

Comments