Sekilas Tentang Linux

PENGERTIAN


Linux adalah sebuah Operating System (OS) yang merupakan turunan dari UNIX yang pertama kali dibuat oleh Linus Torvalds di Universitas Helsinki, Finlandia.
LATAR BELAKAN
Agar pengenalan Linux lebih detail.
LINUX

Linux mempunyai banyak Distro (Distribusi Sistem Operasi). Sebab linux memiliki konsep pengembangan Open Source. Berikut Distro linux :


Open Source (Kode Terbuka) adalah perinta-perintah yang diketikan berdasarkan logika yang benar.

Open Source Software adalah software komputer yang dapat dilihat oleh orang lain dan membiarkan orang lain mengetahui cara kerja software tersebut dan sekaligus memperbaiki kelemahan-kelemahan yang ada pada software tersebut.
Sehingga setiap orang dapat mengubah,memodifikasi dan mendistribusikan lagi.
Salah satu keunggulannya adalah bahwa Open source software dapat diperoleh dan digunakan secara gratis.


Struktur File System Linux


Struktur direktori linux menggunakan struktur seperti pohon, yang dimulai dari inti pohon, kemudian memiliki cabang,ranting dan daun.

Partisi Secara Umum Pada Linux

1. Primary
Merupakan partisi utama pada harddisk yang memuat sejumlah data. Berfungsi sebagai partisi pertama diakses komputer untuk booting dan digunakan untuk menyimpan file data dari system operasi.

2.Extended
Partisi Extended berfungsi untuk mengatasi keterbatasan pembagian partisi. Partisi Extended tidak menangani pengolahan data secara langsung. Untuk dapat menggunakannya, kita harus menciptakan Partisi Logical terlebih dahulu.

3.Logical
merupakan partisi sampingan yang terdapat pada partisi Extended. Partisi Logical mampu menampung berbagai macam file data. contohnya drive :D, :E, :F, dan seterusnya pada Windows. partisi Extended terdiri dari Partisi Logical.

Referensi : Buku Pengenalan Sistem Operasi Linux
Tanggal : 21 Desember 2016

Comments