Sekilas Tentang Cloud Computing



Pengertian

Cloud computing adalah penggabungan antara pemanfaatan teknologi komputer (komputasi) dan pengembangan berbasis Internet (awan).

Cloud computing dapat dibedakan menjadi 3, yaitu :

1. Public cloud Sesuai dengan namanya, public cloud adalah penerapan cloud
computing untuk umum (publik).

2. Private cloud Bertolak belakang dengan public cloud yang digunakan untuk umum, private cloud digunakan secara pribadi (private) oleh perusahaan atau pengguna tertentu.

3. Hybrid cloud adalah penggabungan pemanfaatan public cloud dan private cloud oleh pengguna.

3 konsep dasar dalam cloud computing :

  • Infrastructure as a Service (IaaS)
Kemampuan yang diberikan kepada konsumen adalah untuk pengolahan penyediaan, penyimpanan, jaringan, dan sumber daya lainnya yang mendasar komputasi di mana konsumen dapat menyebarkan dan menjalankan perangkat lunak sewenang-wenang, yang dapat mencakup sistem operasi dan aplikasi.
  • Platfrom as a Service (PaaS)
Kemampuan yang diberikan kepada konsumen adalah untuk menyebarkan ke aplikasi infrastruktur cloud konsumen dibuat atau diperoleh dibuat dengan menggunakan bahasa pemrograman, perpustakaan, layanan, dan alat-alat didukung oleh provider.
  
  • Software as a Service (SaaS)
Kemampuan yang diberikan kepada konsumen adalah dengan menggunakan aplikasi penyedia berjalan pada infrastruktur cloud.

Manfaat Cloud Computing :

1. Data dapat tersimpan ke server pusat
Merupakan memungkinkan pengguna untuk menyimpan data secara terpusat di satu server berdasarkan layanan yang disediakan oleh penyedia layanan Cloud Computing itu sendiri.

2. Keamanan data
Pengguna dapat menyimpan data dengan aman yang berupa data perusahaan data penting maupun data pribadi.

3. Fleksibilitas dan Skalabilitas yang Tinggi
Cloud computing dapat memudahan akses data , kapan dan dimanapun kita berada dengan catatan bahwa pengguna (user) terkoneksi dengan internet. 

4. Invesitas jangka panjang
Penghematan biaya akan pembelian inventaris seperti infrastruktur, hardisk, dll akan berkurang dikarenakan pengguna akan dikenakan biaya kompensasi rutin per bulan sesuai dengan paket layanan yang telah disepakati dengan penyedia layanan Cloud Computing.

Fitur utama cloud computing merupakan accessibility (kemampuan diakses), availability (kemampuan dijalankan), dan scalability (kemampuan ditingkatkan).


Tanggal :
2 Maret 2017
Referensi :

Comments